islam rahmah senyum smile

 

Bahasa Arab dikenal sebagai bahasa yang istimewa. Satu kata dalam bahasa Arab bisa memiliki dua puluh arti bahkan tujuh puluh arti, sehingga tidak berlebihan jika kemudian bahasa Arab dikategorikan sebagai bahasa yang mengandung unsur filsafat.

Demikian pula dengan istilah Islam Rahmah, istilah ini memiliki ragam padanan makna. Sebagian mengartikan sebagai Islam yang damai, Islam yang kasih sayang, Islam yang ramah, Islam yang menyejukan dan lain-lain. Intinya Islam Rahmah mengandung makna yang sangat indah dan menenteramkan bagi hati siapapun.

Tidak heran jika dalam realitanya agama Islam saat ini merupakan agama yang pemeluknya mengalami pertumbuhan tercepat di dunia. Menurut penelitian dan perkiraan lembaga PEW Research Center, pada tahun 2050 pemeluk agama Islam akan melonjak menjadi 73 persen dari populasi dunia, dan pada tahun 2070 akan menjadi agama terbesar didunia.

Tentunya kabar baik ini sangat beralasan karena agama Islam menawarkan ajaran yang sejalan dengan fitrat manusia yang suci, bersih, penuh kasih sayang, jujur dan damai, sehingga dengan mudah dapat memenangkan hati manusia dimana pun ia berada.

Coba kita lihat bagaimana Rasulullah (saw) mengembangkan ajaran Islam ini. Beliau berdakwah dengan rahmah, yakni santun, ramah, penuh kasih sayang, sabar, pengertian, tidak memaksa, dan memaafkan. Siapa sih yang tidak mau merasakan indahnya ajaran yang begitu mulia.

Oleh karenanya, jika ditemukan ada pemeluk agama Islam yang memperlihatkan sikap yang bertolak belakang dengan ajaran mulia diatas seperti radikal, penuh kebencian, pemarah, dendam kesumat, memaksa, tidak memaafkan dll, pastinya yang bersangkutan sedang khilaf, dan tentunya kita harus memaafkan dan tidak lupa mendoakannya agar ia kembali ke ajaran Islam yang benar.

by: Goemaj

Hits: 46

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories