SEMUA AKAN MENINGGALKAN TAPI SATU YANG TIDAK

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Mereka membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup. Mereka juga membutuhkan dukungan, pengertian, bahkan kritik dari orang lain untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Contohnya saja dalam pernikahan, suami dan istri saling membutuhkan dan menjaga satu sama lain. Mereka berjuang bersama untuk meraih tujuan pernikahan.

Namun terkadang manusia mulai bergantung secara berlebihan kepada yang lain. Menggantungkan harapan dan kebahagiaan setinggi-tingginya pada orang lain. Pada akhirnya ia kecewa karena ditinggalkan.

Sebuah kalimat pengingat datang dari Ibnu Taimiyah, “Jangan terlalu bergantung pada siapapun di dunia ini. Karena bayanganmu saja akan meninggalkanmu disaat gelap.”

Sungguh kalimat yang realistis. Memang tidak baik bergantung secara berlebihan kepada sesama manusia. Pada akhirnya malah akan mendatangkan kepedihan.

Sudah jelas dalam Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas bahwa Allah satu-satunya tempat kita bergantung. Dia satu-satunya yang tak akan meninggalkan kita dalam keadaan terpuruk sekalipun. Mengabulkan semua do’a dan memberikan jalan keluar terbaik dari segala permasalahan.

Allah satu-satunya yang mengetahui dengan jelas, apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Hits: 282

Mumtazah Akhtar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *