Berinfak di Kala Sulit

Suka melakukan amalan-amalan kebaikan merupakan ciri-ciri orang yang dicintai oleh Allah SWT. Salah satu ciri-ciri amalan orang yang dicintai oleh Allah yaitu gemar berbagi kepada sesama. Bukankah bersedekah mampu mendatangkan banyak keberkahan dan manfaat bagi siapa yang mau melakukannya?

Seperti yang dijelaskan dalam firman-Nya, “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

Jika sebelumnya kita membahas mengenai sedekah di waktu lapang, bersedekah di waktu sempit juga dianjurkan. Yang dimaksud dengan sedekah di waktu sempit adalah melakukan sedekah ketika kita juga sedang membutuhkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan uang atau harta melainkan dengan cara lain, misalnya menyedekahkan ilmu yang kita miliki kepada orang lain. Bersedekah pada saat keadaan kita sempit adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.

Dengan bersedekah saat dalam keadaan sempit, tentu ini adalah salah satu bukti tentang keimanan kita. Meskipun dalam keadaan yang sempit, seseorang bersedekah akan mendapatkan ganjaran yang berlipat dari Allah SWT.

Begitu juga Rasulullah pernah menjelaskan tentang keutamaan bersedekah di masa sulit dalam sebuah hadits. Seorang sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Yaitu engkau bersedekah di kala engkau masih sehat, menyenangi harta takut miskin dan masih ingin kaya.” (HR. Bukhari)

Hikmah yang bisa kita ambil dari hadits ini yaitu Allah sangat menyukai seseorang yang ketika dalam keadaan lapang dan memiliki banyak harta ia rajin dalam mensedekahkan hartanya. Namun, meskipun seseorang dalam keadaan yang sempit, hal tersebut tidak menghentikannya untuk berinfak di jalan Allah.

Oleh karena itu, Orang yang bersedekah dalam waktu lapang dan sempit adalah orang yang istimewa bagi Allah SWT. Karena dengan bersedekah akan menghilangkan sifat sombong yang kita miliki serta membuktikan keimanan dan kecintaan kita kepada Allah dan Rasulnya.

 

Hits: 243

Sri Wahyuni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories