Kebaikan Sekecil Apapun Tetaplah Berharga

Al-Qur’an adalah sumber ajaran bagi umat Islam dan menjadi panduan bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu ayat yang mencerminkan pentingnya peran aktif dalam menyebarkan kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah QS. Ali Imran 3:105.

“Dan hendaklah ada segolongan di antara kamu yang senantiasa menyeru manusia kepada kebaikan, menyuruh berbuat baik, melarang berbuat buruk, dan mereka itulah orang-orang yang berhasil.” [QS. Ali Imran 3: 105]

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat. Menyeru kepada kebaikan dan melarang kemungkaran bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi juga suatu kewajiban bagi umat Islam. Dalam konteks ini, “berhasil” tidak hanya mencakup kesuksesan materi, tetapi juga kesuksesan dalam menjalankan perintah Allah.

Abdullah bin Umar r.a., seorang sahabat Nabi Muhammad saw. yang terkenal dengan keteguhan dan kesetiaannya dalam beribadah dan berbuat baik kepada sesama, adalah contoh yang menginspirasi tentang menyeru pada kebaikan.

Abdullah bin Umar r.a. adalah putra dari Umar bin Khattab r.a., seorang khalifah yang terkenal dengan ketegasan dan keadilannya. Sejak kecil, Abdullah bin Umar r.a. telah dididik untuk mengikuti jejak ayahnya dalam berpegang teguh pada ajaran Islam dan berperilaku baik kepada semua orang.

Pada suatu hari, ia melihat seorang lelaki tua yang kesulitan membawa beban berat di pasar. Tanpa ragu-ragu, Abdullah segera menghampirinya dan menawarkan bantuannya untuk membawa beban tersebut.

Lelaki tua tersebut terkejut melihat seorang pemuda terhormat seperti Abdullah menawarkan bantuan kepadanya. Namun, dengan penuh rendah hati, lelaki itu menerima tawaran bantuan tersebut. Abdullah dengan sabar membantu lelaki itu membawa beban tersebut sampai ke tujuan yang diinginkannya.

Setelah sampai di tujuan, lelaki tua tersebut bertanya kepada Abdullah tentang siapa dirinya. Abdullah menjawab dengan rendah hati bahwa ia hanyalah seorang hamba Allah yang berusaha untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw. dalam berbuat baik kepada sesama manusia.

Kisah ini menjadi pembelajaran bagi kita semua tentang pentingnya menyeru pada kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun Abdullah bin Umar r.a. adalah seorang sahabat Nabi yang terkenal, ia tetap rendah hati dan bersedia membantu sesama manusia tanpa memandang status sosial atau latar belakang.

Tindakannya tersebut mencerminkan semangat dari ayat QS. Ali Imran 3: 105, yang menyoroti bahwa setiap individu diharapkan untuk menjadi pelopor dalam menyebarkan kebaikan dan menolak kemungkaran dalam masyarakat.

Kebaikan-kebaikan kecil memang memiliki dampak yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh kebaikan-kebaikan kecil yang tidak boleh diremehkan:

1. Senyuman
Memberikan senyuman kepada orang lain bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi mereka dan menciptakan atmosfer yang positif di sekitar kita.

2. Menyapa
Mengucapkan salam atau menyapa orang lain dengan ramah adalah tindakan kecil yang bisa membuat orang merasa dihargai dan diperhatikan.

3. Menolong
Menawarkan bantuan kepada orang lain ketika mereka membutuhkannya, entah itu membantu membawa barang belanjaan, membantu membuka pintu, atau hal-hal kecil lainnya, bisa memberikan dampak yang besar bagi mereka yang menerima bantuan tersebut.

4. Mengucapkan Terima Kasih
Mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang telah melakukan sesuatu untuk kita adalah cara untuk menghargai upaya dan waktu mereka.

5. Menghargai Perbedaan
Menghargai perbedaan pendapat dan kepercayaan orang lain adalah tindakan kecil yang bisa membantu membangun hubungan yang harmonis dan menghormati keragaman dalam masyarakat.

6. Menghemat Air dan Listrik
Tindakan sederhana seperti mematikan keran air ketika tidak digunakan atau mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan adalah cara untuk menjaga lingkungan dan menghargai sumber daya alam.

7. Memberikan Perhatian
Mendengarkan dengan penuh perhatian ketika seseorang berbicara, mengucapkan selamat atas pencapaian mereka, atau memberikan pujian atas usaha yang telah dilakukan adalah cara untuk memperlihatkan bahwa kita peduli dengan orang lain.

Meskipun terlihat sederhana, kebaikan-kebaikan kecil ini memiliki kekuatan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik antarmanusia dan menyebarkan kebaikan dalam masyarakat secara keseluruhan. Sehingga, tidak ada kebaikan yang terlalu kecil untuk dilakukan.

Visits: 51

Hanifah Taheratun Nisa

1 thought on “Kebaikan Sekecil Apapun Tetaplah Berharga

  1. Alhamdulillah,Mubarak,jazakumullah,tulisan ini sederhana namun inspiratif.Semoga banyak yg.membaca,menyimak dan melaksanakannya.Aamiin. Allahumma Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *