Berbagi Kebahagiaan dengan Wajah Berseri dan Tutur Kata Lembut

“Kalian tidak akan dapat meraih hati manusia dengan kekayaan kalian, tetapi kalian dapat meraih hati mereka dengan wajah yang berseri-seri dan akhlak yang baik.” (HR Al Bazar, Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Sanadnya hasan.”)

Berbicara mengenai hati, sebuah insiden yang terekam dalam video CCTV berdurasi 36 detik di sebuah sekolah di Qinghuangdao City, sebelah utara “Negeri Panda” telah meluluhkan jutaan hati netizen yang sudah menontonnya.

Video yang viral di penghujung tahun 2020 itu tidak lain berisi tentang seorang guru yang berusaha menyunggingkan senyum lebarnya sebelum ia memasuki ruang kelas. Profesionalitasnya dalam menjalankan tugas agar para siswa merasa nyaman saat mendapatkan pengajaran darinya menjadi alasan utama ia melakukan hal tersebut.

Sekilas tampak sederhana, namun kebajikan ringan dari seseorang dengan wajah berseri-seri terlebih lagi jika dihiasi dengan lembutnya tutur kata akan menunjukkan pengaruh yang luar biasa bagi siapa saja yang kita temui. Hal ini akan membuka banyak pintu kebaikan bagi setiap orang.

Hadrat Umar bin Khattab ra menyampaikan :
“Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata lemah lembut”.

Sejatinya setiap muslim maupun muslimah dianjurkan untuk menunjukkan wajah berseri-seri dan bertutur kata lemah lembut dalam berinteraksi sosial pada setiap keadaan di berbagai lapisan masyarakat.

Meskipun hati sedang dalam kondisi tidak nyaman, dipenuhi kegalauan dan permasalahan dunia, berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak menampilkannya di hadapan orang lain.

Satu perbuatan yang tidak berguna jika kita mentransfer kegalauan dan permasalahan dengan wajah masam lalu menemui orang lain dan saudara-saudara muslim dengan wajah yang lesu.

Sedapat mungkin sembunyikanlah kesedihan dalam lubuk hati dan tampakkanlah wajah yang senantiasa berseri. Karena hal ini bisa membuat orang-orang yang berada di sekeliling kita mendapatkan aura kebahagiaan.

Rasa bahagia yang mereka rasakan itu tentu bernilai sedekah dan semoga aura positif rasa bahagia yang telah berhasil kira transfer untuk banyak orang akan menjadi salah satu sarana pendekatan diri kita kepada Allah.

Hits: 213

Aisyah Begum

1 thought on “Berbagi Kebahagiaan dengan Wajah Berseri dan Tutur Kata Lembut

  1. Terima kasih tulisannya, memang senyum itu adalah salah satu sedekah. Selain membuat diri tenang juga membuat orang lain senang melihat orang tersenyum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories