Kematian Pasti Datang

Sewaktu-waktu kematian akan datang pada setiap manusia di muka bumi ini. Bahkan Allah Ta’ala sendiri telah menyampaikan dalam firman-Nya bahwa semua yang ada di dunia ini akan binasa. Akan tetapi Allah juga telah memberitahukan kepada manusia bahwa setelah dunia yang sementara ini, maka akan ada kehidupan yang kekal, yang setelahnya akan dimulai.

Barangsiapa yang telah melakukan kebaikan serta mengutamakan keridhaan Allah Ta’ala semasa hidupnya di dunia, yang berusaha siang dan malam hanya untuk mencapai keridhaan dari Allah Ta’ala, maka ia akan memperoleh nikmat kelak di dalam kehidupan yang kekal itu.

Sebagaimana firman Allah dalam Surah As-Sajadah ayat 19, “Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka akan mendapat surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala atas apa yang telah mereka kerjakan.” Namun sebaliknya jika manusia tersebut hanya sibuk mencari kesenangan dan kebahagiaan di dunia fana ini, tanpa peduli akan hidupnya di alam keabadian, maka Allah Ta’ala pun telah menyatakan bahwa api yang akan mereka hadapi kelak.

Allah SWT mengingatkan seluruh manusia untuk selalu bertakwa. Mereka yang melanggar ketentuan tersebut akan mendapat ganjaran setimpal. Dalam surat At-Tahrim ayat 6, Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Setelah kita diperingatkan dengan hal-hal demikian maka pilihan yang terbaik untuk kita kelak di alam keabadian ada di tangan kita sendiri. Allah berkehendak sesuai keinginan dari umatnya itu sendiri, maka dari itu berdoalah untuk kebaikan dan berusahalah selalu berada dalam keridhaan Allah Ta’ala.

Hidupkanlah agamamu dan jangan mencari penghidupan atas nama agama.

 

Hits: 75

Sri Wahyuni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories