KEUTAMAAN SABAR DALAM MENGHADAPI COBAAN

Sabar ada batasnya. Kata-kata ini sering kali digaungkan di masyarakat jika menghadapi suatu masalah maupun musibah. Namun pada hakikatnya sabar tidak terbatas. Sebagai orang yang beriman kita tidak boleh berputus asa dalam menghadapi setiap masalah maupun musibah yang menerpa. Selain berikhtiar, bertawakal dan sabar dalam menjalani setiap hal yang telah menjadi ketetapan sang pencipta yaitu Allah swt.

Jadikan sabar dan shalat sebagai penolong kita, sebagaimana Allah S.W.T. berfirman dalam Al-Qur’an, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolong kalian, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Dan janganlah kalian mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kalian tidak menyadarinya.” (QS. Al Baqarah: 153-154)

Ayat ini menjelaskan perihal sabar dan hikmah yang terkandung di dalam masalah menjadikan sabar dan salat sebagai penolong serta pembimbing. Karena sesungguhnya seorang hamba itu adakalanya berada dalam kenikmatan, lalu ia mensyukurinya atau berada dalam cobaan, lalu ia bersabar menanggungnya.

Karena pada dasarnya kesempurnaan seorang hamba ada pada keikhlasannya kepada Allah, dalam keadaan takut dan berharap serta bergantung kepada-Nya saja. Oleh karena itu, seorang hamba sepantasnya berupaya mewujudkan kesempurnaan ini dan mengamalkan segala hal yang dapat mengantarkannya kepada Nya, sehingga ia benar-benar menjadi hamba Allah Swt semata.

Sebagaimana yang disebutkan oleh sebuah hadits yang mengatakan, “Barangsiapa yang memelihara kehormatan dirinya, Allah pun akan memeliharanya. Barang siapa menyabarkan dirinya, Allah pun akan memberikan kesabaran padanya. Dan, seseorang tidak akan mendapatkan anugerah yang lebih baik atau lebih lapang melebihi kesabaran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah S.W.T. menjelaskan bahwa sarana yang paling baik untuk menanggung segala macam cobaan ialah dengan sikap sabar, karena tidak ada anugerah yang lebih baik yang bisa didapatkan melebihi kesabaran.

Hits: 318

Mega Maharani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories