Hari ASI: Menyusui Adalah Perjuangan

Sudah merupakan sifat Allah Ta’ala Ar-Rahman, mewujudkan kasih sayang-Nya kepada setiap insan di dunia. Dan ASI adalah salah satunya. Dia sediakan makanan terbaik untuk manusia bahkan semenjak ia belum dilahirkan.

Menyusui bukan hanya sekedar memberikan makanan kepada anak kita, tetapi juga mengandung begitu banyak pelajaran, hikmah, dan nilai tersendiri. Menyusui adalah sebuah kegiatan yang tidak saja menguatkan ikatan batin antara ibu dan anak, tetapi juga mengencangkan aliran kasih sayang di antara keduanya. Dan perkembangan mental anak terbangun dari kegiatan ini.

Adalah penting bagi setiap ayah dan juga lingkungan, untuk menjadi dan membangun support system yang bisa diandalkan sang ibu. Karena menyusui juga membutuhkan keterlibatan berbagai pihak. Keberlangsungan ASI membutuhkan dukungan dan bantuan dari orang-orang di sekitar sang ibu.

Menyusui adalah sebuah perjuangan. Dan setiap dari kita, bertanggungjawab untuk keberlangsungannya. Setiap dari kita, bertanggungjawab atas kesehatan jiwa ibu dan anak, terutama dalam lingkungan dan keluarga kita.

Selamat Hari ASI Internasional! Mari kita membangun lingkungan yang mampu menjadi support system bagi para ibu yang berjuang untuk bisa menyusui! Karena ASI bukan hanya tanggungjawab ibu semata, tetapi juga tanggungjawab kita semua!

 

Penulis: Lisa Aviatun Nahar

Ilustrator: Marya Sameera

Hits: 184

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *